Sabtu, 14 Desember 2013

Pengembangan Ekonomi


Chevron berkomitmen untuk memperbaiki kondisi sosial dan ekonomi dimana kami beroperasi. Upaya kami berfokus pada peningkatan kualitas hidup yang berkelanjutan dan menciptakan lapangan kerja untuk mendorong kemandirian masyarakat. Bersama para mitra, kami mengidentifikasi program-program yang dapat meningkatkan standar hidup, menciptakan lingkungan operasi yang lebih stabil, dan memperkuat hubungan dengan pemangku kepentingan.

Mendukung Usaha Masyarakat

Chevron mendukung program-program yang menawarkan pelatihan dalam bidang pertanian, perikanan dan pengembangan usaha kecil. Program Local Business Development (LBD), yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2001, membantu perusahaan kecil dan koperasi di Riau, Kalimantan Timur dan Jawa Barat. Program ini dimaksudkan untuk membantu mengembangkan perusahaan kecil dan koperasi di daerah operasi kami untuk menjadi pemasok barang dan jasa yang andal dan dapat bersaing secara profesional sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Dalam lima tahun terakhir, LBD telah memberikan lebih dari 3.300 kontrak kepada pengusaha LBD dan menciptakan sekitar 9.000 jenis lapangan pekerjaan. Kami mengeluarkan lebih dari $48 juta untuk pengadaan barang dan jasa melalui program ini.
Melalui lokakarya LBD, wirausahawan binaan mendapat pelatihan tentang Kesehatan, Lingkungan dan Keselamatan (Health, Environment, and Safety/HES), prosedur pengadaan barang, etika bisnis, manajemen proyek, aspek-aspek teknis dan manajemen keuangan untuk mengembangkan kapasitas mereka.
Tahun 2008, program LBD mendapat pengakuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dalam bentuk Penghargaan Padma untuk Solidaritas Sosial.

Meningkatkan Standar Hidup

Di sebelas desa pesisir pantai di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Chevron mengadakan Program Pemberdayaan Masyarakat Pesisir. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan pendapatan dan tingkat penghidupan masyarakat dengan memperkuat institusi ekonomi dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya laut dan pantai selain memberdayakan kemampuan ekonomi mereka dengan memberikan bantuan untuk pengembangan di sektor perikanan dan usaha kecil.
Di Gunung Salak, Jawa Barat, kami memulai sebuah program Konservasi Lingkungan dan Pengembangan Pendanaan Mikro berbasis masyarakat. Tujuan utama inisiatif ini adalah untuk memperkuat kapasitas masyarakat setempat dalam meningkatkan ekonomi daerah melalui semangat wirausaha bagi perempuan dan generasi muda serta institusi pendanaan mikro, sembari mempertahankan dan memperbaiki kondisi hutan dan sumber daya alam di sekitar daerah operasi geothermal di Salak, melalui kegiatan yang menghasilkan pendapatan untuk upaya konservasi berbasis masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar