Rabu, 18 Desember 2013

Chevron Siap Salurkan CSR ke Kab Bandung

BANDUNG, (KC) -  

Chevron Geothermal Indonesia Limited (CGI Ltd), erusahaan pengelola panas bumi milik Amerika Serikat yang beroperasi di Desa Cihawuk, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, siap menyalurkan kembali program corporate social responsibilities (CSR) di Kabupaten Bandung. Sejumlah program yang akan disiapkan antara lain penghijauan di area hulu Sungai Citarum atau sekitar Kertasari, penyediaan saluran air bersih, perbaikan dan permbangunan jalan maupun program lainnya.
“Kita lebih prioritaskan penghijauan atau penanaman pohon di hulu Sungai Citarum. Yang jelas tahun ini pun Chevron siap melaksanakan CSR untuk wilayah Kabupaten Bandung,” kata Prasasti Asandhimitra, Communicatian Manager CGI Ltd,(12/3/13).

Menurut Sasti, sapaan Prasasti, meski sumur panas bumi di wilayah Kabupaten Bandung belum berproduksi, namun pihaknya tetap akan menyalurkan CSR sambil menunggu keputusan terbaru dari pemerintah pusat khususnya Kementerian Kehutanan terkait izin penggunahan lahan hutan di Cihawuk tersebut. Pada tahun lalu Chevron juga telah menyalurkan CSR dengan membangun Jalan Dangdang-Tutugan sepanjang lima kilometer di Cihawuk. Hal tersebut menunjukkan komitmen Chevron dalam merealisasikan CSR ke Kabupaten Bandung. Lebih dari itu juga
dilaksanakan penanaman pohon, dan pembangunan prasarana air bersih bagi 500 kepala keluarga di Desa Cikembang.

“Apa yang telah diperbuat Chevron di Desa Cihawuk merupakan bentuk komitmen dan kepedulian dari Chevron terhadap lingkungan dan masyarakat,” ucap Sasti. Pihaknya berharap agar kemitraan yang telah terbina dapat terus dipertahankan dan berkesinambungan untuk berkontribusi terhadap kesejahteraan dengan masyarakat sekitar.
Seperti diketahui PT CGI telah melakukan perluasan wilayah kerja pertambangannya di bidang panas bumi dengan membangun empat titik sumur di Desa Cihawuk yang menelan lahan hutan konservasi hingga kurang lebih 25 hektare.

Bupati Bandung Dadang M Naser menyambut baik niatan Chevron ini.Bahkan Dadang sendiri menyatakan pihaknya sudah welcome atas investasi yang dilakukan Chevron hanya saja keinginan warganya agar dapat direalisasikan. “Kami bukannya mau mempersulit perizinan untuk Chevron. Tapi tolong itu hutan yang sudah dipakai untuk membuat sumur diganti dulu seluas 25 hektare di hulu Citarum,” kata bupati. Program CSR lain yang bisa dilakukan, kata bupati, antara lain penyediaan sarana air bersih, penataan kawasan kumuh atau rumah tidak layak huni, serta program lain yang dibutuhkan masyarakat.001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar