Jumat, 13 Desember 2013

Pendidikan dan Pelatihan Chevron untuk Indonesia

Investasi kami dalam bidang pendidikan dan pelatihan berkontribusi pada pembangunan masyarakat lokal dan meningkatkan hubungan yang konstruktif yang mendukung upaya bisnis kami. Pendidkan telah menjadi fokus Chevron di Indonesia, mulai dari tahun 1957 ketika kami mendirikan sekolah tingkat atas pertama, SMAN I, di Pekanbaru, Riau.
Program Renovasi dan Pembangunan Infrastruktur Sekolah yang kami bentuk membantu memperbaiki fasilitas sekolah di daerah terpencil di sekitar daerah operasi kami di Riau, Kalimantan Timur dan Jawa Barat. Kami telah membantu mendirikan sekolah di daerah-daerah terpencil, termasuk di Sungai Rangau, Pauh-Libo, Pematang Pudu, Jiat, Rangau, Petani dan Pematang Pudu dan Minas Barat di Riau, serta merehabilitasi ruang-ruang kelas di Marangkayu, Kalimantan Timur, Samarang dan Pasirwangi di Garut, serta Kabandungan dan Kalapanunggal di Sukabumi, Jawa Barat.
Kami juga mendukung pendidikan untuk masyarakat Sakai, suku asli di Riau. Kami menyediakan buku-buku, memberikan insentif untuk para guru dan menawarkan beasiswa kepada ribuan anak-anak Sakai melalui program Beasiswa Anak Asuh Sakai.

Politeknik Caltex Riau

Pada tahun 2001, bersama pemerintah Provinsi Riau, kami mendirikan Politeknik Caltex Riau (PCR), yang merupakan politeknik pertama di provinsi tersebut, untuk melatih mahasiswa setempat untuk dapat bekerja di sektor industri. PCR kini memiliki sekitar 1.000 mahasiswa dan menawarkan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan usaha di wilayah tersebut serta memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi. PCR menawarkan delapan program diploma – teknik komputer, teknik elektro, teknik telekomunikasi, mekatronika, akuntansi, teknik IT multimedia, sistem informasi industri dan teknik telekomunikasi lanjutan. Sejak berdiri, lebih dari 880 mahasiswa telah menyelesaikan studi mereka dan sekitar 85 persen telah mendapatkan pekerjaan dalam waktu tiga bulan setelah wisuda.

Beasiswa Darmasiswa Chevron Riau (DCR)

Chevron memulai program beasiswa Darmasiswa Chevron Riau (DCR) pada tahun 2001 untuk membantu murid-murid SMA yang berbakat meneruskan pendidikan mereka ke perguruan tinggi. Sampai saat ini, lebih dari 600 penerima beasiswa telah dibiayai oleh program ini. Bekerja sama dengan dinas pendidikan di tingkat kabupaten/kota dan provinsi, Chevron melakukan penyaringan untuk mengidentifikasi murid-murid yang memiliki potensi yang paling menonjol setiap tahunnya.Mereka yang terpilih akan diberi kesempatan belajar di perguruan tinggi terbaik di Indonesia, seperti, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Padjadjaran.

Pelatihan Kejuruan untuk Pemuda dan Pelajar Putus Sekolah

Di seluruh daerah operasi kami di Riau, Kalimantan Timur dan Jawa Barat, kami mengadakan program pelatihan kejuruan bagi pemuda dan pelajar putus sekolah dengan bekerja sama dengan pemerintah daerah, LSM, organisasi pemuda, perguruan tinggi, dan sekolah kejuruan. Program ini dimaksudkan untuk mendiversifikasi ekonomi masyarakat setempat dan membuka kesempatan kerja dengan meningkatkan keahlian generasi muda. Pelatihan yang ditawarkan berbeda dari tahun ke tahun, tetapi umumnya mencakup pengelasan, keahlian otomotif, pengoperasian alat berat, perkayuan, rigging, kelistrikan, teknisi motor, teknisi audio dan teknisi pendingin ruangan. Disamping itu, kami juga menawarkan program percepatan Kejar Paket C untuk para pelajar putus sekolah yang ingin mendapat ijazah setingkat SMA, di Pamijahan, Kabupaten Bogor dan Pasirwangi di Garut.

Newspaper in Education: Melatih Guru dan Siswa

Chevron bermitra dengan beberapa organisasi, termasuk Yayasan Jakarta Post dan Newspaper in Education Institute, dalam sebuah program yang unik dalam mengajar Bahasa Inggris. Program ini didasarkan pada gagasan untuk menggunakan surat kabar sebagai “buku hidup” untuk mendukung proses belajar dan mengajar Bahasa Inggris yang lebih menyenangkan, interaktif, dan relevan.
Chevron mendukung program tersebut dengan menyelenggarakan pelatihan tersebut di wilayah sekitar daerah operasi kami. Sejak kami mulai berpartisipasi di tahun 2008, sekitar 7.000 siswa dan 1.000 guru di sembilan provinsi di seluruh Indonesia telah menerima manfaat dari program ini.

University Partnership Program (UPP)

Sejak tahun 2006, sebagai bagian dari University Partnership Program yang dilakukan Chevron secara global, kami membantu mitra universitas kami, Institut Teknologi Bandung (ITB), dalam memberikan beasiswa untuk mahasiswa program pasca sarjana, fasilitas belajar jarak jauh, dan program magang. Kami juga membantu meningkatkan kualitas fasilitas laboratorium dan menyelenggarakan serangkaian kuliah tamu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar