Jumat, 18 Oktober 2013

Tahapan tes di Chevron!

berikut adalah tahapan tes di Chevron:

I. Tes Administrasi

Tahap ini merupakan seleksi tahap pertama bagi para calon pelamar, dimana kita harus meng-apply secara online melalui http://chevron.experd.com/vacant.php .
Chevron menggunakan sistem ever green, dimana proses ini trus dibuka sepanjang tahun. Kriteria pelamar juga dibagi menjadi 2 yaitu Fresh Graduate dan Experienced (over 4 years). Dalam tahap ini tidak ada waktu yang jelas jangka waktu pengumuman hasil tes-nya. Pengalaman gw, gw melamar pada bulan Juni, kemudian baru dipanggil pada bulan Oktober. Jadi, ternyata hanya pelamar yang lulus yang akan dihubungi oleh pihak EXPERD.

II. Psikotest
Setelah pelamar diberitahu kelulusannya pada tahap administrasi, biasanya pelamar akan diundang untuk mengikuti psikotest yang akan diadakan sekitar 3 hari kemudian. Tahap ini bertujuan untuk mengukur kemampuan intelegensi dari si pelamar. Model psikotest merupakan model psikotest umum, dimana terdiri dari tes kemampuan verbal, numerikal, penalaran, paulina tes. Tes ini akan berlangsung selama kurang lebih 3 Jam.

Hal yang harus dilakukan dalam menghadapi tes ini adalah istirahat yang cukup, sehingga saat mengerjakan tes ini kita dalam kondisi terbaik kita. Selain itu, perbanyak latihan-latihan mengenai tes ini, beli buku latihan psikotest yang banyak dijual di toko buku atau buat yang uangnya pas2an, bisa download di internet. Bila bernasib baik, Pengumuman hasil tes ini umumnya akan dilakukan dalam jangka waktu 1-2 minggu, namun bila sedang bernasib buruk mungkin kita harus menunggu sampai dengan berbulan2, seperti yang diceritakan teman2 pelamar yang lain. Untungnya pada tahap ini gw sedang bernasib baik... hehee

III. Tes Wawancara

Setelah dihubungi oleh pihak EXPERD mengenai kelulusan gw dalam tahap psikotest, gw diundang untuk mengikuti proses rekrutmen selanjutnya yaitu tes wawancara yang akan dilaksanakan 3 hari kemudian.
PENTING!!! wawancara disini, bukan hanya sekedar wawancara mengenai diri kita, namun mengenai kemampuan teknis dari bidang yang kita lamar.. Jadi persiapin diri kita mengenai pengetahuan dasar bidang tersebut, dan belajar untuk berbicara di depan orang.. dengan bahasa inggris tentunya! tes ini berlangsung kurang lebih satu jam, dimana ada sekitar 4 orang pewawancara..

IV. Tes Kesehatan
Sebenarnya pada saat selesai tes wawancara, mereka mengatakan bahwa hasil dari tes ini kurang lebih 1-2 minggu.. Namun, kembali lagi gw bernasib baik, sehari setelah tes wawancara, gw dihubungin sama Chevron.. Gw diundang lagi untuk ikutin tes terakhir yaitu tes kesehatan..

Tes Kesehatan di Chevron bisa dibilang cukup lengkap, dari yang namanya tes Feses, spirometri, THT, Thorax, pokonya banyak deh.. Kita biasanya disuruh untuk puasa dulu dari 12 jam sebelum tes..
Nah, jadi kalo lo lagi tes2 kerjaan gini, lo ilangin deh kebiasaan buruk2 lo dulu kaya ngerokok, makanan kolesterol, obat2an juga stop dulu deh, mau yang bener apa nggak.. terus sering2 olahraga yaa..
Apabila lo udah bisa ampe tahap sini, sebenarnya 99% lo bisa dibilang udah hampir lulus, tp we don't know if shit happens.. Jadi berdoa2 deh yang banyak yaa..!
Hasil dari tes ini itu sekitar 1-2 mingguan..

source : http://cumieezer.blogspot.com/

4 komentar:

  1. setelah test kesehatan, kok sudah sebulan aku belum dihubungi pihak perusahaan ya,.hopeless

    BalasHapus
  2. hehe sorry nih gan, ane juga kagak tau

    BalasHapus
  3. Apakah yang berkacamata bisa masuk chevron ?

    BalasHapus
  4. Apakah yang berkacamata bisa masuk chevron ?

    BalasHapus