Selasa, 22 Oktober 2013

Manfaat SCM bagi perusahaan

Manfaat SCM
Secara umum penerapan konsep SCM dalam perusahaan akan memberikan manfaat yaitu (Jebarus, 2001) kepuasan pelanggan, meningkatkan pendapatan, menurunnya biaya, pemanfaatan asset yang semakin tinggi, peningkatan laba, dan perusahaan semakin besar.
1. Kepuasan pelanggan. Konsumen atau pengguna produk merupakan target utama dari aktivitas proses produksi setiap produk yang dihasilkan perusahaan. Konsumen atau pengguna yang dimaksud dalam konteks ini tentunya konsumen yang setia dalam jangka waktu yang panjang. Untuk menjadikan konsumen setia, maka terlebih dahulu konsumen harus puas dengan pelayanan yang disampaikan oleh perusahaan.
2. Meningkatkan pendapatan. Semakin banyak konsumen yang setia dan menjadi mitra perusahaan berarti akan turut pula meningkatkan pendapatan perusahaan, sehingga produk-produk yang dihasilkan perusahaan tidak akan ‘terbuang’ percuma, karena diminati konsumen.
3. Menurunnya biaya. Pengintegrasian aliran produk dari perusahan kepada konsumen akhir berarti pula mengurangi biaya-biaya pada jalur distribusi.
4. Pemanfaatan asset semakin tinggi. Aset terutama faktor manusia akan semakin terlatih dan terampil baik dari segi pengetahuan maupun keterampilan. Tenaga manusia akan mampu memberdayakan penggunaan teknologi tinggi sebagaimana yang dituntut dalam pelaksanaan SCM.
5. Peningkatan laba. Dengan semakin meningkatnya jumlah konsumen yang setia dan menjadi pengguna produk, pada gilirannya akan meningkatkan laba perusahaan.
6. Perusahaan semakin besar. Perusahaan yang mendapat keuntungan dari segi proses distribusi produknya lambat laun akan menjadi besar, dan tumbuh lebih kuat.
Keenam manfaat yang sudah dijelaskan seperti tersebut di atas merupakan manfaat tidak langsung. Secara umum, manfaat langsung dari penerapan SCM bagi perusahaan adalah :
1. SCM secara fisik dapat mengkonversi bahan baku menjadi produk jadi dan mengantarkannya kepada konsumen akhir. Manfaat ini menekankan pada fungsi produksi dan operasi dalam sebuah perusahaan. Dalam fungsi ini dilakukan penggunaan dari seluruh sumber daya yang dimilki dalam sebuah proses transformasi yang terkendali, untuk memberikan nilai pada produk yang dihasilkan sesuai dengan kebijaksanaan perusahaan dan mendistribusikannya kepada konsumen yang dibidik.
2. SCM berfungsi sebagai mediasi pasar, yaitu memastikan apa yang dipasok oleh rantai suplai mencerminkan aspirasi pelanggan atau konsumen akhir tersebut. Dalam hal ini fungsi pemasaran yang akan berperan. Melalui pelaksanaan SCM, pemasaran dapat mengidentifikasi produk dengan karakteristik yang diminati konsumen. Selanjutnya fungsi ini harus mampu mengidentifikasi seluruh atribut produk yang diharapkan konsumen tersebut dan mengkomunikasikan kepada perancang produk. Apabila seleksi rancangan produk sudah dilakukan dan dilakukan pengujian maka produk dapat diproduksi. Sehingga SCM akan berperan dalam memberikan manfaat seperti point 1 tersebut.
Ditinjau dari segi ongkos, masing-masing fungsi di atas berkaitan
dengan ongkos, yaitu:
1. Fungsi pertama berkaitan dengan ongkos-ongkos fisik, yakni ongkos material, ongkos penyimpanan, ongkos produksi, ongkos transportasi, dan sebagainya.
2. Fungsi kedua berkaitan dengan biaya-biaya survey pasar, perancangan produk, serta biaya-biaya akibat terpenuhinya aspirasi konsumen oleh produk yang disediakan oleh rantai supply chain
Ongkos-ongkos ini bisa berupa ongkosmarkdown, yakni penurunan harga produk yang tidak laku dengan harga normal, atau ongkos kekurangan supply yang dinamakan dengan stockout cost
Ongkos-ongkos ini bisa berupa ongkosmarkdown, yakni penurunan harga produk yang tidak laku dengan harga normal, atau ongkos kekurangan supply yang dinamakan dengan stockout cost.

2 komentar:

  1. Mohon maaf sebelumnya apabila email kami menggangu aktifitasnya.

    Salam Hormat Dari Kami,
    Bersama ini Kami ingin memperkenalkan diri, bahwa PT.BERKAH RAFFLES CEMERLANG adalah Perusahaan yang bergerak dibidang Jasa Solusi Penerbitan Jaminan Bank Garansi & Surety Bond Tanpa Agunan atau Non Collateral, Proses Cepat, Bisa dicek Keabsahanya dan Polis Siap kami antar.



    A. Jenis jaminan yang kami terbitkan :

    - Bank Garansi & Surety Bond (Tanpa Agunan).

    - Jaminan penawaran,Pelaksanaan, Uang Muka, Pemeliharaan,
    Serta Jaminan Pembayaran Akhir Tahun ( SP2D).
    - Contractor's All Risk (CAR), Erection All Risk (EAR)

    - Custom Bond & Konsorsium Jaminan Surety Bond (kjsb).



    B. Adapun Jenis Produk Yang Dapat Kami Tawarkan Yaitu :

    (Pipa Untuk Saluran Air Bersih (Air Minum) & Air Limbah) :

    1. Pipa SNI Merk Supralon & Fitting, (Distributor Pabrikan)

    - Spek Pipa PVC & Fitting : SNI (S-8,S-10,S-12,5.S-16.)

    - Spek Pipa HDPE : SNI PN6-PN25, ISO (PE80,PE100).

    - Telkom PE Pipe For Fibre Optic Cable.

    - Spek Pipa PVC non SNI Standar JIS : (AW,D,C).

    2. Surat Dukungan Pengadaan Barang (Pipa PVC,HDPE) Dari Pabrik Untuk Ikut Tender.



    Demikianlah penawaran ini kami sampaikan, semoga ini merupakan awal kerjasama yang baik dan berkesinambungan dimasa yang akan datang.

    Sambil menunggu konfirmasinya kami ucapkan terimakasih.



    Untuk konfirmasi lebih jelas hub.
    From : WINDRA ARIFAN ZANI
    Email :windra.berkah07@gmail.com
    Hp/Wa :085783477142

    Telp : 021 2187 4281


    Best Regard,
    PT. BERKAH RAFFLES CEMERLANG.
    Head Office. Jl. Manggar v blok G 11 No 06 pd, kelapa kec, duren sawit jakarta timur 13440.
    Terlampir Proposal Bank Garansi & Surety Bond Serta Pipa PVC,HDPE:.

    BalasHapus
  2. Apa kentungannya supply chain management dalam bisnis

    BalasHapus