Manfaat SCM
Secara umum penerapan konsep SCM dalam perusahaan akan memberikan
manfaat yaitu (Jebarus, 2001) kepuasan pelanggan, meningkatkan
pendapatan, menurunnya biaya, pemanfaatan asset yang semakin tinggi,
peningkatan laba, dan perusahaan semakin besar.
1. Kepuasan pelanggan. Konsumen atau pengguna produk merupakan target
utama dari aktivitas proses produksi setiap produk yang dihasilkan
perusahaan. Konsumen atau pengguna yang dimaksud dalam konteks ini
tentunya konsumen yang setia dalam jangka waktu yang panjang. Untuk
menjadikan konsumen setia, maka terlebih dahulu konsumen harus puas
dengan pelayanan yang disampaikan oleh perusahaan.
2. Meningkatkan pendapatan. Semakin banyak konsumen yang setia dan
menjadi mitra perusahaan berarti akan turut pula meningkatkan pendapatan
perusahaan, sehingga produk-produk yang dihasilkan perusahaan tidak
akan ‘terbuang’ percuma, karena diminati konsumen.
3. Menurunnya biaya. Pengintegrasian aliran produk dari perusahan kepada
konsumen akhir berarti pula mengurangi biaya-biaya pada jalur
distribusi.
4. Pemanfaatan asset semakin tinggi. Aset terutama faktor manusia akan
semakin terlatih dan terampil baik dari segi pengetahuan maupun
keterampilan. Tenaga manusia akan mampu memberdayakan penggunaan
teknologi tinggi sebagaimana yang dituntut dalam pelaksanaan SCM.
5. Peningkatan laba. Dengan semakin meningkatnya jumlah konsumen yang
setia dan menjadi pengguna produk, pada gilirannya akan meningkatkan
laba perusahaan.
6. Perusahaan semakin besar. Perusahaan yang mendapat keuntungan dari
segi proses distribusi produknya lambat laun akan menjadi besar, dan
tumbuh lebih kuat.
Keenam manfaat yang sudah dijelaskan seperti tersebut di atas merupakan
manfaat tidak langsung. Secara umum, manfaat langsung dari penerapan SCM
bagi perusahaan adalah :
1. SCM secara fisik dapat mengkonversi bahan baku menjadi produk jadi
dan mengantarkannya kepada konsumen akhir. Manfaat ini menekankan pada
fungsi produksi dan operasi dalam sebuah perusahaan. Dalam fungsi ini
dilakukan penggunaan dari seluruh sumber daya yang dimilki dalam sebuah
proses transformasi yang terkendali, untuk memberikan nilai pada produk
yang dihasilkan sesuai dengan kebijaksanaan perusahaan dan
mendistribusikannya kepada konsumen yang dibidik.
2. SCM berfungsi sebagai mediasi pasar, yaitu memastikan apa yang
dipasok oleh rantai suplai mencerminkan aspirasi pelanggan atau konsumen
akhir tersebut. Dalam hal ini fungsi pemasaran yang akan berperan.
Melalui pelaksanaan SCM, pemasaran dapat mengidentifikasi produk dengan
karakteristik yang diminati konsumen. Selanjutnya fungsi ini harus mampu
mengidentifikasi seluruh atribut produk yang diharapkan konsumen
tersebut dan mengkomunikasikan kepada perancang produk. Apabila seleksi
rancangan produk sudah dilakukan dan dilakukan pengujian maka produk
dapat diproduksi. Sehingga SCM akan berperan dalam memberikan manfaat
seperti point 1 tersebut.
Ditinjau dari segi ongkos, masing-masing fungsi di atas berkaitan
dengan ongkos, yaitu:
1. Fungsi pertama berkaitan dengan ongkos-ongkos fisik, yakni ongkos
material, ongkos penyimpanan, ongkos produksi, ongkos transportasi, dan
sebagainya.
2. Fungsi kedua berkaitan dengan biaya-biaya survey pasar, perancangan
produk, serta biaya-biaya akibat terpenuhinya aspirasi konsumen oleh
produk yang disediakan oleh rantai supply chain
Ongkos-ongkos ini bisa berupa ongkosmarkdown, yakni penurunan harga
produk yang tidak laku dengan harga normal, atau ongkos kekurangan
supply yang dinamakan dengan stockout cost
Ongkos-ongkos ini bisa berupa ongkosmarkdown, yakni penurunan harga
produk yang tidak laku dengan harga normal, atau ongkos kekurangan
supply yang dinamakan dengan stockout cost.
Mohon maaf sebelumnya apabila email kami menggangu aktifitasnya.
BalasHapusSalam Hormat Dari Kami,
Bersama ini Kami ingin memperkenalkan diri, bahwa PT.BERKAH RAFFLES CEMERLANG adalah Perusahaan yang bergerak dibidang Jasa Solusi Penerbitan Jaminan Bank Garansi & Surety Bond Tanpa Agunan atau Non Collateral, Proses Cepat, Bisa dicek Keabsahanya dan Polis Siap kami antar.
A. Jenis jaminan yang kami terbitkan :
- Bank Garansi & Surety Bond (Tanpa Agunan).
- Jaminan penawaran,Pelaksanaan, Uang Muka, Pemeliharaan,
Serta Jaminan Pembayaran Akhir Tahun ( SP2D).
- Contractor's All Risk (CAR), Erection All Risk (EAR)
- Custom Bond & Konsorsium Jaminan Surety Bond (kjsb).
B. Adapun Jenis Produk Yang Dapat Kami Tawarkan Yaitu :
(Pipa Untuk Saluran Air Bersih (Air Minum) & Air Limbah) :
1. Pipa SNI Merk Supralon & Fitting, (Distributor Pabrikan)
- Spek Pipa PVC & Fitting : SNI (S-8,S-10,S-12,5.S-16.)
- Spek Pipa HDPE : SNI PN6-PN25, ISO (PE80,PE100).
- Telkom PE Pipe For Fibre Optic Cable.
- Spek Pipa PVC non SNI Standar JIS : (AW,D,C).
2. Surat Dukungan Pengadaan Barang (Pipa PVC,HDPE) Dari Pabrik Untuk Ikut Tender.
Demikianlah penawaran ini kami sampaikan, semoga ini merupakan awal kerjasama yang baik dan berkesinambungan dimasa yang akan datang.
Sambil menunggu konfirmasinya kami ucapkan terimakasih.
Untuk konfirmasi lebih jelas hub.
From : WINDRA ARIFAN ZANI
Email :windra.berkah07@gmail.com
Hp/Wa :085783477142
Telp : 021 2187 4281
Best Regard,
PT. BERKAH RAFFLES CEMERLANG.
Head Office. Jl. Manggar v blok G 11 No 06 pd, kelapa kec, duren sawit jakarta timur 13440.
Terlampir Proposal Bank Garansi & Surety Bond Serta Pipa PVC,HDPE:.
Apa kentungannya supply chain management dalam bisnis
BalasHapus